Senin, 04 Oktober 2010

Tips Me-Manage Memory Internal BlackBerry (BB) Agar Tidak Lemot Dan Akses Data Makin Cepat

Fasilitas dalam smartphone canggih yang menjadi favorite para pecinta BlackBerry (BB) adalah adanya BBM (BlackBerry Mesenger). Kelebihan dari fasilitas ini dibandingkan Handphone biasa adalah kemudahan kita untuk saling bertukar informasi baik data, gambar, video bahkan link situs yang dapat secara langsung diakses tanpa keluar dari menu BBM. Kelebihan lainnya adalah jika kita tergabung dalam sebuah grup, kita dapat menikmati percakapan (chating) dan mengakses informasi yang sedang di bahas oleh anggota grup lain.  

Namun, kemudahan dan kelebihan fasilitas BBB tersebut akan sedikit terganggu karena penyakit klasik BB, yaitu lambat dalam mengakses link atau informasi.  Salah satu kelemahanBlackBerry adalah kita tidak bisa menginstall aplikasi di dalam Media Card kecuali pake aplikasi Aerize Card Loader.  Solusi dari permasalahan ini sebenarnya mudah, kita harus rutin untuk melakukan clear log, lepas baterei dll.  Cara ini terbukti mampu mengurangi tingkat lambatnya akses BBM. Hal lain yang mungkin bisa dilakukan adalah kita harus me-manage memory internal BlackBerry dengan baik, agar BlackBerry kita nggak lemoottt... 

Berikut beberapa tips bagaimana me-manage memory yang tohitem dapatkan dari broadcast via BBM yang dikirim oleh seorang sahabat pecinta BBM. Hal yang bisa dilakukan antara lain:

1. Hapus (delete) semua messages yang tidak penting, baik itu email atau sms/mms. Email dengan attachment yang besar usahakan dibuka & dibaca hanya melalui PC.

2. Hapus (delete) browser cache. 
Caranya: 
> buka browser
> klik menu 
> klik options
> klik cache operations
> klik clear history

3. Tutup semua conversation yang tidak penting di Messenger, YM, dan lain-lain serta biasakan "clear chat" semua conversation jika sudah tidak diperlukan lagi.

4. Hapus (delete) cache di aplikasi FB.
Caranya: 
> buka FB
> klik menu 
> klik options
> klik clear cache

5. Hapus (delete) semua miss calls.
Caranya:
> buka “messages”
> klik menu 
> klik view folder
> klik missed calls
> klik menu
> Klik delete prior

6. Hapus (delete) phone call logs. 
Caranya:
> buka “messages”
> klik menu
> klik view folder
> klik phone call log
> klik menu
> klik delete prior

7. Hapus (delete) event log.
Caranya:
> dari Home Screen tahan tombol alt
> lalu klik huruf L G L G
> lalu tekan menu 
> klik clear log

8. Bersihkan temp memory. 
Caranya:
> buka “options (yg gambar obeng/kunci pas)"
> klik security options
> klik memory cleaning
> klik menu 
> klik clean now
> klik save

9. Biasakan picture yang dikirim ke group tidak disimpan di media card atau device memory 
Caranya:
> buka group 
> klik pictures
> klik menu 
> klik picture options
> klik save pictures pilih "never"
> klik Ok 

Mudah-mudahan sedikit tips di atas bisa bermanfaat bagi para BB mania dalam mengarungi dunia celoteh dan ceria. Yang terpenting dalam memanfaatkan fasilitas BBM, kita harus bijak dan tidak latah dengan memfitnah, menistakan agama, tidak rasial. Hindari diri kita dari hal-hal yang berbau porno dan merendahkan kaum wanita dll.  Alangkah baiknya jika dalam menggunakan fasilitas BBM, kita mengedepankan fungsi utama dari alat komunikasi dan informasi, sehingga kita benar-benar menyampaikan hal yang bermanfaat bagi lingkungan kita. 

1 komentar:

med's mengatakan...

artikelnya seepp bosss.... barter link yaa bossss..
http://mesinmemed.blogspot.com