Sabtu, 02 Oktober 2010

Seni Membangun Relasi, Rahasia Sukses Dalam Pergaulan Dan Kehidupan


Hampir tak ada seorang pun yang hidup di dunia ini yang tidak ingin menikmati kesuksesan. Namun banyak di antara kita yang cenderung mengartikan sebuah kesuksesan adalah berkaitan dengan materi dan harta benda atau kekayaan. Terkadang sukses juga berarti karier yang cemerlang.  Semuanya benar.  Namun, terkadang kita lupa bahwa masih ada hal besar yang sangat penting yang seharusnya menjadi perhatian dan cita-cita kita.  Sebuah kesuksesan tidak akan ada maknanya jika hanya kita nikmati sendiri.
Kita membutuhkan minimal seorang teman untuk ikut menikmati kesuksesan kita.  Kita membutuhkan teman untuk berbagi, entah sebagai teman bercerita hingga teman untuk mengakui bahwa kita meraih sebuah kesuksesan.. 

Bisa dibayangkan, betapa tidak enaknya ketika kita meraih rejeki uang melimpah, namun kita tidak mempunyai kekasih, atau istri/suami, anak, teman atau orang yang kita anggap spesial dalam hidup kita.  Pergi berbelanja, untuk siapa? Mau ke tempat karaoke, sendirian?  Kita membutuhkan teman untuk ikut menikmati kesuksesan kita.  Kesuksesan memerlukan adanya pengakuan dari orang di sekitar kita.  Kita membutuhkan banyak teman, banyak relasi dan banyak pergaulan agar setiap kesuksesan yang kita raih bisa bermanfaat untuk diri kita dan orang di sekitar kita.

Nah, yang menjadi tema dan topik posting tohitem kali ini adalah bagaimana cara membangun hubungan dan relasi dalam kehidupan. Relasi tidak lain adalah teman, di mana dalam hubungan pertemanan atau pergaulan, kunci utamanya adalah menghargai orang lain. Mungkin kata menghargai orang lain, merupakan hal yang sering kita dengar sehari-hari, namun mungkin hanya sebagian kecil dari kita yang benar-benar mengerti dan mempraktekannya.  Butuh waktu dan niat yang tulus untuk mempraktekkan hal ini.  Menghargai orang lain, tidak lepas dari yang namanya sebuah kesuksesan. Orang-orang yang sukses, orang-orang besar adalah orang-orang yang mampu menghargai orang lain dengan tulus dan ikhlas, tanpa tendensi.

Jadi, tidak mungkin orang bisa sukses dalam hal apapun jika orang tersebut tidak mampu menghargai orang lain.  Yang sering terjadi adalah, kita berharap agar orang lain menghargai kita. Kita  berharap teman mengerti dan memahami kita, seharusnya kitalah yang berinisiatif mencoba mengerti dan memahami teman kita.  Mulailah dengan hal-hal kecil, misalnya membalas SMS atau telepon yang kita terima.  Hal sepele ini mempunyai efek yang luar biasa bagi orang yang mengirim SMS atau menelepon kita.  Walaupun hanya, sebuah kata, "oke", sebagai balasan SMS yang masuk ke HP kita, ini sudah menunjukkan bahwa kita mempunyai perhatian dan menghargai orang lain. Kita seharusnya berpikir, bahwa ternyata kita masih dibutuhkan oleh orang lain, sehingga ada orang yang mau SMS dan telepon ke kita. Betapa tidak lucunya, jika kita mempunyai HP namun tidak ada orang yang mengirim SMS dan menelepon kita. Apakah HP yang kita miliki hanya sebagai hiasan saja?? hehe.. lucu..
Bersyukurlah, dengan adanya orang yang SMS dan telepon, sebenarnya kita lebih berhemat pulsa, ketimbang kita yang menelepon. Betul?

Dan masih banyak lagi hal-hal kecil yang dapat kita lakukan untuk mulai belajar menghargai orang lain. Bagaimanapun juga, kita hidup bersama orang lain yang selamanya kita membutuhkan sebuah pengakuan di lingkungan kita.  Semakin besar pengakuan yang kita dapatkan di lingkungan kita, maka kesuksesan yang kita impikan selangkah kita raih. Jadi, hargailah orang lain, dan orang lain pun akan menghargai kita.

(terinspirasi dari seseorang yang sangat menginspirasi, terima kasih...)

1 komentar:

Agenpru Online mengatakan...

Terima kasih artikelnya.

Agenpru Online