Kamis, 05 Agustus 2010

Tips Puasa Sehat: Meraih Manfaat dalam Menjalankan Ibadah Puasa Sebulan Penuh

Horeee... Lebaran kurang beberapa hari lagi...!! 
Husss... Puasa dulu baru ngomong lebaran..!! 

Sahabat tohitem, akhirnya bulan istimewa yang ditunggu umat muslim sedunia tiba. Dalam hitungan hari, kita akan memasuki bulan penuh berkah dan keistimewaan. Berkah, karena di bulan ini kita diberi kesempatan oleh Tuhan berupa kesehatan dan umur panjang, istimewa karena hanya sekali dalam setahun kita jalankan.
Menjalankan ibadah puasa, yang umum diketahui bahwa mulai imsyak sebelum Subuh sampai Maghrib tiba, kita dilarang untuk makan dan minum. Tetapi sebenarnya di dalam puasa ada banyak manfaat baik dari segi lahir maupun bathin, intinya kita dilatih untuk menjadi manusia dewasa secara akal dan akhlak. Pokoknya manfaat puasa itu banyak banget dech.. Di samping sebuah kewajiban yang harus dijalankan, Tuhan menjadikan puasa sebagai ladang mengurai hikmah kehidupan yang begitu luas tanpa batas...

Maka itu, tohitem mencoba berbagi beberapa tips puasa sehat dalam menjalankan ibadah puasa agar kita bisa menjalankannya sebulan penuh dengan baik dan mendapat manfaat yang luar biasa. tentunya tips ini tohitem dapatkan dari baca sana, baca sini, tanya sana, tanya sini, dari mana mana.. (ssstt.. soalnya tohitem dulu ngajinya belum khatam...)
Ini sedikit tips puasa yang mungkin sahabat tohitem bisa lakukan:

1. Jangan Lupa Sahur

Bersabda Rasulullah SAW: "Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar". Kadang ada yang sombong, enggak sahur saja kuat kok tidak makan sehari.. Bukan itu tohitmania, sahur itu bukan hanya urusan kuat atau tidaknya menahan makan minum sehariaan. Sahur itu penting untuk tubuh kita. Ketika berpuasa, tubuh tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. Agar tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk memenuhi gizi ini, sahabat tohitem sebaiknya sahur dengan makanan berserat dan berprotein tinggi, dan hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis. 

Dari artikel yang tohitem baca di Google, makan makanan manis disaat sahur akan membuat cepat lapar di siang hari. Makanan manis membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin secara cepat, insulin berfungsi memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi. Sedangkan makan makanan berserat membuat proses pencernaan lebih lambat dan membantu insulin dikeluarkan secara bertahap. Untuk membuat energi dari sahur menjadi tahan lama, bersahurlah  saat mendekati imsyak. Maka keesokan harinya, walapun tidak makan minum tubuh tersa fit.

2. Jangan Tunda Berbuka

Ada juga yang mentang-mentang, saat bedug Maghrib berbunyi, "nanti aja ah.. belum lapar kok..". Ini sekali lagi bukan perkara lapar atau gak lapar. Kata beberapa ahli yang berhasil tohitem baca dari majalah-majalah, ternyata setelah seharian menahan lapar dan dahaga  energi tubuh kita terkuras nyaris habis! Ini tidak boleh dibiarkan, karena puasa tidak hanya sehari, tapi 30 hari. Nah, untuk memulihkan energi yang hilang tadi kembali, cepatlah berbuka dan jangan ditunda, kecuali sahabat tohitem berada pada kondisi tidak memungkinkan untuk segera berbuka, misalnya di perjalanan. 
Menurut ahli kesehatan pula, usahakan saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara cepat energi kita yang terkuras seharian. Tetapi usahakan menghindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal.

3. Makanlah Secara Bertahap

Biasanya begitu mendengar bedug magrib, tanpa tunggu lagi kita langsung menyantap habis hidangan yang disediakan diatas meja. Kayak orang gak makan sebulan.. Masih menurut artikel ahli yang saya baca, itu bukanlah pola yang baik untuk kesehatan, setelah seharian perut kita tak terisi dan organ pencernaan beristirahat, sebaiknya jangan langsung menyantap hidangan dalam jumlah banyak/besar. 
Saat tiba waktu berbuka makan makanan manis, seperti kolak, atau minum teh hangat, istirahatkan sesaat, gunakan jeda itu untuk menjalankan sholat magrib sambil memberi waktu organ cerna kita menyesuaikan. Masa, udah puasa nggak sholat juga.. hehe. Nah,baru setelah sholat lanjutkan lagi makan makanan yang lebih berat seperti nasi dan lauk-pauknya. Setelah Tarawih bisa dilanjutkan lagi dengan sesi makan kecil atau camilan. Kalo ada sih..

4. Jangan Lupa Olahraga dan Minum Air yang Cukup

Olah raga apa yang cocok saat berpuasa? Yach, kenapa nggak ikut sholat Tarawih saja? Gerakan pada sholat juga termasuk olah raga, sholat Tarawih  11-23 rekaat lumayan cukup untuk menjaga kebugaran. Selain itu bisa melakukan olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Dan lagi jangan lupa konsumsi cukup air minum. 
Masih dari artikel yang tohitem baca, air merupakan zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Lebih dari 60 % tubuh kita terdiri dari air. Untuk menjalankan fungsinya dengan baik setiap organ tubuh kita membutuhkan air. Tanpa air yang cukup tubuh akan mengalami gangguan. Untuk itu perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya semua organ berfungsi dengan baik. Yang disebut air disini bukan hanya berupa air putih, tapi susu dan teh pun juga termasuk di dalamnya. Supaya kebutuhan tubuh tercukupi, aturlah agar minum delapan gelas air sebelum menjalani puasa esok hari.

5. Berpuasalah Dengan Benar

Emang ada puasa yang salah? Puasa tidak ada yang salah, tetapi yang salah biasanya malah menjalankannya. Nabi besar kita telah mengajari lewat sabda beliau, bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Artinya tujuan puasa adalah me-manage emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Tuhan. 
Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dewasa secara akal dan ahlak sehingga kita bisa merasakan kedekatan dengan Allah yang akan membuat hati kita damai, tenang dan bahagia. 
Atau jika sahabat tohitem ingin lebih mengetahui tujuan dan makna puasa, akan lebih baik jik bertanya pada orang yang mengerti, banyak membaca, dan buka Kita Suci Al Quran, jangan hanya dipajang di atas meja.. hehe

Mudah-mudahan, pada hari terakhir berpuasa alias lebaran Idul Fitri kita bisa menikmati rasa bahagia yang amat sangat, tidak sakit-sakitan hanya karena salah  dalam melaksanakan puasa. Semoga juga tips menjalankan ibadah puasa ini bisa bermanfaat, walaupun sebenarnya tips-tips macam ini sudah banyak dan sering sahabat tohitem baca, namun tidak ada salahnya jika tohitem menyampaikannya kembali. Biar tidak lupa..!

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa, Semuga semua amal akal dan akhlak kita masuk dalam kategori yang di terima oleh Allah swt. Amien.

2 komentar:

Jd mengatakan...

bagaimana cara seks aman di hari puasa..apakah bisa diberikan tips dan diulas disini

Dan apakah waktu bulan puasa bisa making love dengan tetep mesra..

berikan tips juga duonk mengenai tip sehat sehabis berkencan....

Teguh PR Atmadja mengatakan...

tohitem sudah mengulasnya, silahkan buka:
http://www.tohitem.com/2010/08/tips-bercinta-di-bulan-suci-berhubungan.html

semuga bermanfaat.