Selasa, 22 Februari 2011

Tips Marketing: Fokus adalah Sebuah Jalan Mudah Menuju Keberhasilan

Dalam bidang kerja apapun, entah itu bergerak di bidang jasa atau barang tidak akan lepas dari yang namanya target. Target menjadi hal yang sangat penting karena berkaitan dengan parameter keberhasilan suatu kerja atau usaha. Target juga berkaitan dengan pencapaian laba atau untung suatu perusahaan.  Dalam pencapaian target ini, biasanya akan menuntut suatu pola kerja yang efektif. Pola kerja ini berhubungan dengan manajemen waktu, yang terkadang dirasakan sebagai tekanan (under pressure), terutama bagi para sales atau marketing pada suatu perusahaan. Nah, berkaitan dengan hal tersebut maka tohitem akan berbagi tips meraih keberhasilan dan menundukkan liarnya target yang tohitem dapatkan dari seorang Area Marketing Manager sebuah Pembiayaan Mobil milik Bank Ternama di Indonesia.

Fokus dan Disiplin Diri adalah Kunci Keberhasilan


Dalam dunia marketing, tidak banyak para sales atau marketing yang benar-benar serius bekerja untuk  memenuhi target yang menjadi tanggung jawabnya. Sebagian menganggap bahwa target adalah momok dan suatu hal yang menakutkan sehingga pola kerja menjadi tidak terarah dan tanpa prioritas. Parahnya lagi ada yang beranggapan bahwa dunia marketing adalah dunia entertain, sehingga bukan pencapaian target yang didahulukan, namun malah "gemerlap" efek marketing yang justru diagungkan.

Target sebenarnya berbanding lurus dengan penghasilan dan dalam jangka waktu tertentu menawarkan karier dan gaya hidup yang  mencengangkan. Namun, lagi-lagi tidak banyak yang tahu mengenai hal ini. Kenapa?  Hanya segelintir orang saja yang bisa meraih keberhasilan di dunia marketing baik itu karier atau penghasilan tanpa batas. Malah ada sebagian orang yang mengatakan, "kalau mau cepat kaya dan sukses, jadilah marketing."  Luar biasa...!!!

Nah, lalu bagaimana cara agar kita bisa sukses dan berhasil dalam dunia marketing? Rahasianya ternyata begitu sederhana dan begitu sering kita dengar. FOKUS yang diimbangi dengan DISIPLIN yang tinggi. Fokus dengan tujuan yang ingin di capai, melakukan pola kerja yang efektif serta pantang menyerah. Untuk bisa fokus dalam kerja, harus tahu dan paham job diskripsi serta target yang menjadi tanggung jawabnya. (untuk pola kerja efektif bisa dibaca:"Bekerja Keras, Bekerja Cerdas Dan Bekerja Ikhlas: Sebuah Renungan Dan Cara Meraih Kesuksesan Dalam Pekerjaan"). Disiplin melakukan apa yang semestinya dilakukan, dan tidak mudah tergiur oleh bisikan rasa malas dan cepat puas.

Fokus dan disiplin, berkaitan dengan kemauan yang keras, telaten serta keikhlasan untuk belajar dan introspeksi atas usaha yang telah dilakukan. Menentukan goal atau tujuan menjadi hal penting dalam proses ini. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat jadwal harian apa yang akan dilakukan, beserta hasil yang dicapai serta mereview pencapaian (berisi kenapa berhasil atau gagal). Selanjutnya tinggal membiasakan diri untuk bekerja dengan target harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Memang pada awalnya akan terasa berat, namun jika dilakukan dengan semangat dan kemauan secara pelan kita telah berada pada jalan yang tepat untuk menundukkan liarnya target.  Dan, pada akhirnya istilah kerja under pressure (kerja di bawah tekanan ) dalam meraih target menjadi sebuah hal yang biasa dan bukan lagi momok untuk ditakutkan. Tetap Semangat.

Tidak ada komentar: