Jumat, 10 September 2010

Sebuah Panduan Dan Cara Mudah Menjadi Lebih Percaya Diri Serta Sukses Dalam Kehidupan

Orang-orang yang sukses dan berhasil dalam kehidupannya merupakan orang yang mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Orang yang sukses dalam pendidikan, sukses pergaulan, sukses berumah tangga, sukses berwiraswasta, sukses menjadi karyawan dan sukses atau berhasil dalam berbagai bidang tidak lepas dari faktor percaya diri seseorang.  Dengan rasa percaya diri yang tinggi,  selangkah keberhasilan sudah diambang mata, tinggal bagaimana kita mampu berusaha lebih baik dan pantang menyerah menyikapi rintangan yang menghadang.  
Tema meningkatkan rasa percaya diri ini sengaja tohitem buat, terinspirasi dari momen Idul fitri. Tohitem menyaksikan banyaknya tamu yang berkunjung ke rumah, dengan berbagai latar belakang pendidikan dan tingkat ekonomi, terlihat begitu jelas bahwa faktor percaya diri mampu mempengaruhi gaya hidup seseorang, bahkan bisa tohitem simpulkan ada kaitan antara percaya diri dengan kesuksesan ekonomi.

Percaya Diri memberikan kita kebebasan untuk melakukan kesalahan dan mengatasi dengan kegagalan tanpa membuat diri kita tidak berharga. Jika kita memiliki rasa percaya diri, secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa percaya diri orang lain juga. Berikut ini beberapa tips dan cara meningkatkan rasa percaya diri yang merupakan hasil dari berbagai pengalaman pribadi sekaligus analisa terhadap perilaku para bos di lingkungan kerja tohitem.

1. Kenali  Hal Yang Membuat Kita Merasa Tidak Nyaman

Awal munculnya rasa tidak percaya diri disebabkan adanya sesuatu hal yang tidak nyaman dalam diri kita. Perasaan tidak nyaman ini biasanya disebabkan karena merasa adanya kekurangan dalam tubuh atau fisik kita. Bisa juga karena pendidikan,  tingkat ekonomi dsb dan hampir  setiap orang memiliki rasa ketidaknyamanan ini. Menyesal karena berambut keriting/kribo,  berkulit hitam, berpostur pendek, gemuk dll, itu semua terkadang membuat kita tidak nyaman di lingkungan bergaul kita. Perasaan ini harusnya di lawan dan bukan dijadikan pemikiran yang merusak kita, dan ingat bahwa ini hanyalah perasaan dan pikiran kita, bukan sesuatu yang luar biasa. 
Harusnya dengan mengetahui hal yang menjadi kekurangan kita merupakan modal awal untuk menjadi lebih percaya diri. Cobalah beri julukan atau nama pada sesuatu hal yang dapat membuat kita merasa tidak berharga, malu atau rendah, ini bisa membantu melawan hal-hal tersebut. Misalnya Si Gendut, Si Kuntet dll.  Atau bisa menuliskan pikiran kita tersebut pada sehelai kertas dan ini dapat membuat perasaan kita rebih ringan dan bahagia. Ingat tidak ada seorang pun yang sempurna. Orang-orang disebelah  kita mungkin juga memiliki banyak rasa ketidaknyamanan yang sama dengan dengan kita. Jika dengan menuliskan masalah kita tidak cukup membantu, cobalah  membicarakannya dengan teman dekat anda atau seseorang yang kita cintai. Membagi pikiran  akan menolong meringankan beban yang kita tanggung sendiri.

2. Buat Daftar Hal Yang Berkaitan dengan Kesuksesan Kita

Sebenarnya perasaan ketidaknyamanan bukan merupakan suatu masalah yang serius dalam kehidupan ini. Kita adalah makhluk yang unik antara satu dengan yang lainnya mempunyai perbedaan spesifik. Mulai dari cara berjalan kita, jenis suara, model bibir hingga masalah bakat dan keahlian. Temukan sesuatu hal yang menjadi ahli dan jago di bidang itu dan fokuslah untuk mengembangkannya. Buatlah daftar bakat atau hal unik yang kira rasa mampu sekaligus kesuksesan pencapaian yang diraih, minimal kita merasa nyaman dan puas atas keahlian kita.  Misalnya ahli dalam menulis puisi, memainkan gitar, dll. Teruslah gali dan tetap fokus terhadap hal yang kita anggap sebagai keahlian dan kesuksesan kita. Ingat pula, rendah diri adalah pernyataan pikiran yang mendeklarasikan diri anda sebagai Korban, jangan biarkan diri kita menjadi Korban.  Vonis seperti ini akan semakin menjauhkan kita dari rasa percaya diri.

3. Beryukurlah dan Selalu Berpikiran Positif  

Di sadari atau tidak waktu telah membuktikan bahwa  akar dari perasaan ketidaknyamanan dan tidak percaya diri adalah perasaan selalu tidak cukup atas kepemilikan sesuatu, apakah itu pengakuan emosional, keberuntungan, uang, kekayaan dll. Dengan mengakui dan menghargai apa yang kita miliki, kita dapat melawan perasaan tidak utuh dan tidak puas. Biasakan selalu berfikir positif terhadap segala hal, karena semua yang ada dan terjadi adalah terbaik bagi hidup kita. Bersyukur dan berfikir positif atas apa yang kita miliki saat ini mampu membawa kedamaian dalam diri serta membangkitkan percaya diri anda. Sebaliknya, mengingkari karunia dan berprasangka buruk (negative thinking) justru membuat diri kita semakin hina.


4. Berikan Pujian  dan Jangan Berharap Simpati serta Rasa Iba Dari Orang Lain

Sebuah kata pujian yang tulus terkadang menjadi sesuatu yang mahal harganya bagi kita, perasaan gengsi, malu, acuh tak acuh dll menjadi alasan kita. Ketika berpikir negatif tentang diri kita, kadang kita juga melakukan hal yang sama pada orang lain dalam bentuk hinaan dan gosip. Hindari bergosip ria yang dapat menusuk diri  sendiri dan mulailah berusaha memberikan pujian pada orang-orang disekitar kita. katakan saja, kalau model rambut teman kita memang bagus, pujilah.. Dari memuji seiring waktu, kita akan menjadi disukai oleh lingkungan sekitar yang pada akhirnya pelahan mampu membangun rasa percaya diri yang tinggi. Dengan melihat sisi yang terbaik dari orang lain, secara tidak langsung membawa hal yang terbaik pada diri sendiri. Hindari membuat orang lain memiliki rasa rendah terhadap kita, mereka bisa merasa seperti itu hanya karena kita terus menerus benci dan merendahkan diri sendiri, orang akan melakukan dan menilai  seperti itu. Adanya pikiran agar orang lain kasihan dan iba terhadap kita adalah pikiran picik dan merendahakan harga diri kita. Sadarlah dengan rasa iba orang lain terhadap kita merupakan wujud penghinaan yang membuat kita terlena. Cobalah berbicara positif tentang diri, tentang masa depan, dan tentang kemajuan dll untuk meningkatkan rasa percaya diri kita.

5. Rubahlah Kebiasaan Kita

Berpakaian rapi dan berjalan lebih cepat dari biasanya mungkin bisa dipraktekkan dalam kaitan meningkatkan rasa percaya diri. Pakaian yang rapi akan mempengaruhi cara berpikir kita terhadap diri kita sendiri. Ketika kita tidak terlihat bagus, maka perasaan anda juga tidak bagus  dan ini dapat merubah cara anda membawa diri anda sendiri dan berinteraksi dengan orang lain. 
Gaya berjalan sangat berbicara banyak tentang kepribadian anda. apakah lambat? Seperti kelelahan? Menyakitkan? Atau enerjik? Orang dengan rasa percaya diri bagus akan berjalan lebih cepat. Mereka memiliki tempat yang harus dituju, orang yang harus ditemui, pekerjaan penting yang harus dilakukan.  Berjalan 25% lebih cepat dari sebelumnya  dapat membuat kitaterlihat dan merasa lebih penting. Selain itu kita bisa melakukan perubahaan seperti, duduk di bangku paling depan, berbicara dalam diskusi umum, berolahraga, murah senyum, dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan rasa percaya diri kita.

Itu mungkin beberapa cara atau tips meningkatkan rasa percaya diri yang merupakan hasil dari berbagai pengalaman pribadi sekaligus analisa terhadap perilaku para bos di lingkungan kerja tohitem. Sebenarnya masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan, namun intinya hal yang tidak kalah penting berkaitan dengan peningkatan rasa percaya diri adalah adanya wawasan dan pengetahuan yang luas. Wawasan dan pengetahuan membuat kita lebih mudah berinteraksi sekaligus membuat lebih bijak dalam menyikapi sesuatu hal yang terjadi. Membaca dan terus belajar dapat dan mampu meningkatkan kepribadian yang lebih baik. Mudah-mudahan panduan ringkas meningkatkan rassa percaya diri ini bermanfaat.

Tidak ada komentar: