Kamis, 29 Juli 2010

Beli Rumah Yuuk..! Tips dan Informasi Membeli Rumah Untuk Pasangan Muda


Mempunyai rumah sendiri? Huh, tohitem rasa ini bukan lagi sebuah pertanyaan, namun sudah menjadi impian hampir setiap orang. Apalagi bagi para pasangan muda yang baru saja menempuh hidup berumah tangga. Umumnya cita-cita kedua setelah mempunyai anak tidak lain tidak bukan adalah bisa menempati rumah sendiri. Hidup menumpang di rumah mertua bagi sebagian orang adalah syurga, namun bagi yang lainnya menganggap sebagai penjara. Pilihan menyewa rumah untuk jangka pendek adalah hal yang patut dipilih jika kondisi keuangan
tidak memungkinkan. Jadi kenapa tidak membeli rumah sendiri saja?

Beberapa hari yang lalu, tohitem berkesempatan mengobrol dengan salah seorang pengusaha property di Kota Malang. Kesempatan ini tidak tohitem sia-siakan untuk mendapat berbagai informasi, mulai dari motivasi, rahasia memulai sebuah usaha, rahasia sukses hingga tips membeli rumah baru bagi pasangan muda. Dan nukilan berikut ini adalah tips membeli rumah baru untuk pasangan yang baru menikah:

1. Budget
Hal pertama yang harus dipertimbangkan matang adalah mengenai budget, limit kemampuan keuangan. Budget di sini hampir sama dengan harga. Menuruti keinginan untuk mempunyai rumah yang layak atau mewah sah-sah saja, namun kita harus bijak menghitung kemampuan keuangan kita. Memang bisa saja membelinya dengan cara kredit, namun kita juga harus pandai menghitung berapa nilai angsuran perbulan yang sanggup kita cicil. Karena biasanya akan muncul biaya tambahan saat kita membeli rumah, seperti biaya notaris, biaya kredit dll dan ini harus diperhitungkan juga. Intinya, menurut tips yang tohitem kutip dari kenalan tadi adalah "tentukan budget keuangan dan barulah menentukan rumah apa yang ingin kita beli".

2. Memilih Lokasi Rumah
Kita bisa memilih lokasi di perumahan mewah, cluster, atau di perkampungan. Tiap-tiap lokasi rumah mempunyai karakteristik lingkungan yang berbeda. Pertimbangkan faktor keamanan, kenyamanan, akses transportasi dll. Memilih lokasi rumah yang tepat akan mempunyai keuntungan, disamping sebagai tempat tinggal yang nyaman, juga merupakan investasi jika suatu saat nanti kita ingin menjual kembali. Saat mencari rumah pertama,  penting untuk mengetahui dan memahami lingkungan. Targetkan berkeliling pada waktu yang berbeda sepanjang hari atau minggu untuk mengamati apa yang terjadi di lingkungan rumah yang akan sahabat tohitem beli. Cobalah berkeliling di malam hari dan akhir pekan di sekitar target rumah yang ingin dibeli untuk lenih mengetahui tingkat aktivitas di lingkungan tersebut.

3. Tentukan Rumah yang ingin Diibeli
Buat daftar seperti apakah rumah yang anda inginkan, dimana lokasi rumah yang sangat strategis (dekat dengan tempat kerja anda, dekat dengan tempat anak sahabat tohitem sekolah, berada dekat dengan tempat belanja, hangout  dll), harga tanah di lokasi tersebut, model bangunan rumah, serta ukuran rumah. 
Pilihlah rumah yang akan dibeli sesuai kebutuhan dan fungsi.Jika sahabat tohitem ingin melakukan usaha di rumah maka sebaiknya pilihlah ruko (rumah plus toko).

4. Kumpulkan Informasi Rumah yang Dijual
Buatlah daftar rumah dijual sebanyak mungkin sebagai alternatif pilihan. Sahabat tohitem bisa menemukan iklan jual rumah dari berbagai media antara lain Koran, internet, selebaran, majalah, radio, atau informasi dari orang lain.  Sekarang ini sering di mall diadakan pameran perumahan berbagai type dan harga. Di sini kita bisa mendapat informasi lengkap mengenai rumah yang ditawarkan, mulai dari harga, type, lokasi dan daftar angsuran jika kita membeli dengan cara kredit via bank. 

5. Pilihlah Developer yang Terpercaya
Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah memilih pengembang perumahan atau developer yang terpercaya. Carilah informasi sebanyak mungkin track record si empunya perumahan, bisa dengan bertanya pada orang yang anda kenal atau ke kantor REI terdekat. Alangkah baiknya jika sahabat tohitem memilih developer kenalan atau referensi dari teman, keluarga atau yang dapat dipercaya. Hal ini penting agar kita tidak tertipu modus-modus yang akan merugikan kita.

Dan terakhir, tohitem sarankan agar sebanyak mungkin mengumpulkan inforamsi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan rumah, bisa bertanya pada kenalan atau siapa saja yang berpengalaman lainnya. Semuga dengan sedikit tips membeli rumah baru ini dapat menjadi referensi bagi sahabat tohitem dalam memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal yang nyaman, sehingga kehidupan rumah tangga menjadi bahagia dunia dan akherat. 
Amien.

Tidak ada komentar: