Jumat, 09 Juli 2010

Tips: Mau membeli Laptop? Baca tips ini dulu!

tohitem tips (nukilan dari pedalaman @ http://www.tohitem.com)


Laptop merk dan type apa yang ingin segera kamu miliki sahabat tohitem? Apakah produk lokal atau mancanegara yang sudah mendunia? Ada banyak plihan merk dan type yang bisa kamu pilih seperti Fujitsu, Dell, Toshiba, HP, Apple, Acer, Assus, Axioo, Byon dan masih banyak lagi. Semua merk tersebut mempunyai berbagai
kelebihan sesuai fitur dan spesifikasi masing-masing. Tapi sebelum memutuskan untuk membeli salah satu merk laptop impian tersebut ada baiknya kamu baca dulu tips tohitem berikut ini:

1.Tentukan dulu kegunaannya untuk apa, apakah laptop akan dipakai untuk yang suka desain dan nge-game, men-develop sistem, atau untuk dibawa kemana-mana (mobile)
Ada baiknya jika laptop dipakai untuk kebutuhan desain dan nge-gamep pilihlah spesifikasi laptop dengan yang mempunyai kartu VGA (Video Graphics Array) dan memori yang handal. Tapi jika kamu butuh laptop dengan kemampuan lebih tinggi, memilih teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit sangat tepat.

Untuk penggunaan disain grafis ataupun bermain game, sebaiknya pilih laptop dengan VGA yang tinggi kekuatannya dan memori yang besar agar disain dan bermain game terasa lebih 'ringan'. Kartu VGA sendiri berguna untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Sedangkan memori merupakan sebuah alat penyimpan data digital sementara yang biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya (kelipatan dua).

Untuk developing, biasanya dibutuhkan software develop yang membutuhkan resource tinggi. Kam bisa memilih laptop dengan mempertimbangkan prosesor dan memori dengan spesifikasi tinggi agar bisa mengimbangi perkembangan piranti lunak dan developing tools yang memori ekstra. Teknologi multi-core dan arsitektur 64-bit akan lebih tepat lagi.

Untuk kamu yang suka pergi yang mengharuskan selalu membawa laptop (mobile), kamu bisa menekankan pilihan pada umur baterai, berat laptop, ukuran layar, 
serta beberapa fitur internal konektifitas seperti wifi, bluetooth, IrDA, NetworkCard, Modem dll. 
Mengenai informasi merk/type dan spesifikasi berbagai laptop, silahkan sahabat tohitem bisa browsing di search engine mbah google, yang menyediakan informasi secara lengkap.

2. Perimbangkan ukuran layar dan beratnya, terlepas dari pemilihan berdasar kebutuhan, yang harus dipertimbangkan dalam memilih laptop adalah soal lebar layar, berat laptop dan umur baterai. Jika kamu akan sering memakai laptop di perjalanan, sebaiknya pilih laptop yang ringan, dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar agar tidak kesulitan membawanya.

Umur baterai juga patut dipertimbangkan. Umumnya baterai laptop paling tidak bisa bertahan 2 hingga 3 jam tanpa terhubung ke adapter. Jika kamu ingin menghemat penggunaan baterai, matikan fungsi konektifitas seperti Wifi atau Bluetooth karena fungsi tersebut akan memperbanyak konsumsi baterai.

3. Pertimbangkan layanan purna jualnya, ketika kamu akan membeli laptop, jangan lupa untuk mempertimbangkan layanan purna jualnya mulai dari gerai service (banyak atau tidak, mudah dijangkau atau tidak), ketersediaan spare parts serta harga jual kembali. Usahakan jangan memilih laptop yang spare parts-nya sulit dicari. 

4. Jangan lupa ukur budget kamu, banyak dari kita yang kebingungan saat ingin membeli laptop mengingat laptop bukanlah barang murah. Apalagi saat ini bermunculan berbagai jenis laptop dengan beragam spesifikasi dan merk, pun harganya bervariasi. Tak jarang pula kita membeli laptop dengan spesifikasi yang hebat tanpa memikirkan kegunaannya. Rugi kan?

Nah, bagaimana sahabat tohitem, sudah ada gambaran laptop apa yang ingin kamu segera beli? mudah-mudahan tips tohitem ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat membeli laptop..


tohitem tips (nukilan dari pedalaman @ http://www.tohitem.com)

3 komentar:

Anonim mengatakan...

mau beli laptop yang gratisan dimana ya...

f4ms_213@yahoo.com

Anonim mengatakan...

mau beli laptop yang gratisan dimana ya...

f4ms_213@yahoo.com

forfed mengatakan...

silahkan berkunjung di http://www.forfed.com