Senin, 13 Desember 2010

Renungan dan Ramalan 2011: Bencana apa yang akan terjadi di Indonesia?

Sudah menjadi sebuah tradisi di hampir seluruh dunia, ketika terjadi pergantian tahun, selalu saja bermunculan berbagai ramalan. Tak terkecuali di negeri Indonesia. Hampir semua orang pintar, paranormal, tokoh terkenal mencoba menerawang apa yang akan terjadi di tahun 2011. Mulai dari ramalan shio, bintang atau astrologi, peruntungan, nasib, karier, percintaan, asmara, jodoh, politik, bisnis, ekonomi  dll hingga masalah bencana alam di Indonesia. Hampir semua ramalan mengungkap kemungkinan yang akan terjadi di tahun shio kelinci 2011.  Lalu bagaimana dengan peruntungan kita di tahun depan?

Tidak bisa dipungkiri bahwa sejak zaman Jayabaya, Ronggowarsito hingga era Ki Joko Bodo sekarang ini, kehidupan masyarakat Indonesia khususnya orang Jawa masih tidak bisa lepas dari yang namanya mistik. Hal ini tidak bisa lepas begitu saja, mengingat bahwa karakter orang Jawa yang selalu belajar dari pengalaman dan sejarah masa lalu. Petuah dan nasihat turun temurun menjadi sebuah tradisi yang sulit untuk ditinggalkan.

Apa yang akan terjadi di tahun 2011?

Tahun 2010,  Indonesia hampir di penuhi oleh berita tentang bencana alam, mulai gempa, banjir, gunung meletus,  demo dll hampir selalu menghiasi media. Hingga setiap mata memandang, telinga mendengar selalu dihadapkan dengan fenomena kemirisan. Hingga di akhir tahun 2010, Indonesia di kejutkan dengan meletusnya Gunung Merapi di Yogyakarta yang menelan korban jiwa. Lalu kita dibikin bingung oleh fenomena Wikileaks yang mengungkap berita kawat diplomasi Amerika Serikat, hingga masalah kontroversi penetapan Sultan dan Gubernur Yogyakarta. Lalu, sejenak kita diharu biru oleh kemenangan Timnas Garuda dalam gelaran Piala AFF 2010 dengan Irfan Bachdim seorang pemain naturalisasi. Dari semua kejadian yang telah terjadi di tahun 2010, kita bisa belajar banyak tentang berbagai hal seperti mulai hilangnya budi pekerti dan etika di kehidupan ini. Setiap kejadian entah itu sebuah bencana atau merupakan berita gembira merupakan media kita untuk kian mendekatkan diri pada Sang Pencipta.

Di tahun 2010,  budi pekerti antar sesama kian lenyap ditelan kepentingan ekonomi sehingga kita melupakan satu hal, yaitu betapa pentingnya sebuah etika. Sehingga pesan dan peringatan yang begitu nyata tidak bisa di baca, sehingga kita lupa, bahwa Tuhan Maha Kuasa.

Dan, di kehidupan tahun 2011 pesan-pesan serta peringatan Sang Pencipta pasti akan selalu menjelma dalam berbagai peristiwa. Bisa saja berujud bencana, ketidakstabilan politik negeri, atau berita gembira yang melenakan kita semua. Sekali lagi Tuhan Sang Pencipta, Maha Kuasa!
Hanya orang-orang yang mampu dan paham akan setiap kejadian dan mengambil hikmahnya yang akan menikmati kebahagiaan hidup di tahun 2011.  Selalu mengingat akan keberadaan Dia dan berbuat baik dan ikhlas terhadap sesama adalah kunci meraih kesuksesan di tahun mendatang.  Ramalan manusia hanyalah berita peringatan, sebuah sudut pandang dan kita mesti yakin bahwa semua tetap menjadi rahasia dan milik Tuhan. Allahu Akbar.

Tidak ada komentar: