Sabtu, 28 Agustus 2010

Fenomena Aneh Alam Semesta dan Peristiwa Unik yang terjadi, Benarkah Merupakan Sebuah Tanda Kiamat Sudah Sangat Dekat?

Akhir-akhir ini sering kali tohitem membaca dan mendengar dari berbagai sumber seperti, koran, TV hingga Facebook dan twitter ramai membicarakan fenomena yang susah di nalar.  Apalagi bagi yang menggunakan smartphone BlackBerry, melalui fasilitas BBM (BlackBerry mesenger) berbagai broadcast yang berisi informasi yang membuat bulu kuduk berdiri, misalnya tanda-tanda hari kiamat sudah muncul, lahirnya bayi iblis bermata merah, ditemukannya bangkai kapal Nabi Nuh di Bukit Judi, jatuhnya hari-hari besar pada hari jumat, hujan darah di India, hujan ikan di australia, hujan katak menyerupai ikan di Jepang, fenomena terbelahnya langit di Yogya dan Padang, fenomena munculnya empat matahari dll.
Ngeri sekali!!

Berbagai berita mengenai keanehan-keanehan alam semesta akhir-akhir ini memang begitu sering kita dengar, yang oleh kita dianggap sebagai tanda-tanda kiamat sudah dekat.  Seperti yang lagi marak saat ini,  fenomena munculnya empat matahari, benarkah itu merupakan salah satu tanda kalau kiamat sudah dekat?
Dari informasi yang tohitem dapat dari penelusuran google, bahwa munculnya fenomena alam empat matahri seperti di China disebut peritiwa Sundog. Fenomena ini terjadi karena adanya pembiasan cahaya. Sundog dibentuk oleh pelat-kristal es berbentuk heksagonal di awan cirrus tinggi yang dingin dan melayang dimana udara pada tingkat yang rendah saat itu. 
Menurut Thomas Djamaludin, peneliti senior astronomi dan astrofisika di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), “Fenomena itu dinamakan sun dog atau anjing penjaga matahari. Cahaya tersebut biasa muncul di kanan kiri halo sehingga sering dianggap matahari meskipun memiliki ukuran lebih kecil”.
“Ketentuannya, di sekitar arah matahari muncul kristal-kristal es yang membiaskan cahaya. Biasanya, terjadi dua fenomena yaitu halo dan sun dog.” Munculnya empat matahari di China menghebohkan internet dan dianggap sebagai tanda kiamat. Namun ahli LAPAN menegaskan hal itu fenomena alam biasa dan sering terjadi.  Tapi, terlepas bahwa hal ini sebagai fenomena biasa, namun tetap saja fenomena ini merupakan bukti kebesaran Tuhan yang  sangat bermanfaat bagi kita agar kian peka terhadap segala sesuatu yang terjadi. Bahwa semua itu adalah sebuah 'pesan' untuk umat manusia.

Yang menjadi pertanyaan atas semua keresahan kita berikutnya adalah, Apakah benar Kiamat sudah dekat? Berikut ini tohitem akan berbagi pemahaman berdasar Al-Quran dan Hadist mengenai fenomena alam yang terjadi akhir-akhir ini yang menimbulkan keresahan dan tanda tanya besar bagi kita, yang semoga menjadi sedikit pencerahan untuk kita semua.

Tanda-tanda Kiamat Sudah Dekat
Mengutip dari Al-Quran Surat Muhammad ayat 18 yang artinya, "Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat, (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba. Karena sesungguhnya telah datang syarat-syaratnya."

Sedangkan syarat atau tanda-tanda (kecil) kiamat di antaranya tercantum dalam Hadits Riwayat Muslim dari Umar bin Khaththab Radhiallaahu 'anhu, yang diriwayatkan pula oleh Ahmad dari Ibnu Abbas. Bunyinya, "Apabila budak perempuan melahirkan tuannya, dan ketika penggembala kambing yang telanjang kaki serta kekurangan pakaian tinggal di gedung-gedung tinggi.."

Apakah fenomena  tanda kiamat di atas sudah terjadi saat ini?
Sekarang ini, anak yang kurang ajar dan suka ngatur orangtua tidak cuma ada di Barat. Di negeri kita yang mayoritas Muslim pun terjadi, anak menyuruh ibunya begini-begitu. Seolah-olah anak itulah tuan, dan si ibu menjadi hamba sahaya bagi anak-anaknya.
Tanda-tanda lainnya adalah imraatus sibyaan (kekuasaan di tangan anak-anak). Itu bisa berarti bahwa penguasa di rumah tangga adalah anak-anak, bukan lagi orangtua. Atau, yang menjadi penguasa di masyarakat adalah orang yang berkarakter kekanak-kanakan.
Selain itu, maraknya pemutusan silaturahim antar sesama Muslim. Manusia masa kini rajin menggunakan telepon tetapi untuk urusan bisnis, bukan menelepon orangtua atau saudara. Alasannya sibuk, cari duit. Padahal kata Rasulullah, barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan diperpanjang umurnya, maka bersilaturahimlah. Ini adalah sedikit kenyataan yang terjadi saat ini.

Apa dan bagaimana huru-hara akhir zaman itu? Kapan akan terjadinya?
Melihat fenomena yang terjadi di tengah masyarakat sekarang ini, tampaknya tanda-tanda kiamat atau akhir zaman sudah terjadi semua ya? Belum semua. Sudah kira-kira 95 persen, jadi masih ada 5 persen yang belum terjadi.
Kapan akhir zaman itu tiba? Semenjak diutusnya Muhammad bin Abdullah menjadi Nabi, Allah Subhaanahu wa ta'ala sudah menvonis bahwa ummat beliau adalah ummat akhir zaman. Jadi pengertian akhir zaman itu sudah sejak diutusnya Nabi Muhammad Saw yang merupakan Nabi terakhir. Kenyataan bahwa kita adalah ummat akhir zaman menunjukkan bahwa kita saat ini hidup di akhir zaman.

Menurut hadits shahih, masa akhir zaman ini terbagi menjadi lima.
Pertama, masa kenabian, saat Rasulullah masih hidup.
Kedua, masa Khulafaur Rasyidin, mulai Abubakar, Umar, Usman, dan Ali.
Ketiga, masa raja-raja menggigit (maalikan 'adhan), yaitu masa setelah wafatnya Ali bin Abi Thalib sampai runtuhnya Daulah Khilafah Utsmaniyah (1924).
Keempat, masa maalikan jabariyan (penguasa diktator).
Kelima, masa kembalinya sistem khilafah.

Saat ini kita hidup di masa yang mana? Sekarang masa penguasa diktator, dan sedang hot-hot-nya. Ummat Islam sedang kalah. Tetapi itu memang sudah sunatullah, bahwa ada kalanya menang, ada kalanya kalah. Kita pun harus optimis, akan tiba waktunya ummat Islam memperoleh kemenangan.

 Jadi?? Menurut tohitem yang terpenting saat ini adalah tetap menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sebuah niatan yang ikhlas dengan dilandasi nilai-nilai islam yang sudah pasti benar. Berbuat baik terhadap sesama, menjalin hubungan yang baik terhadap orang lain dan semakin mendekatkan diri pada agama Tuhan. Mumpung masih ada waktu.

Untuk artikel lengkap tentang Tanda-tanda Kiamat Sudah Datang atau akhir zaman sudah dekat silahkan sahabat tohitem lihat sumbernya di: http://www.oaseqalbu.net

2 komentar:

Sulhan mengatakan...

Di Al-Quran punyaku ko surat Muhammad ayat 8 bunyinya "Dan orang-orang yang kafir, maka kecelakaanlah bagi mereka dan Allah menyesatkan amal-amal mereka."
Apa ada 2 versi Al-Quran?

tohitem mengatakan...

gus Sulhans, makasih banget.. saya yang salah kutip dan yang bener ayat 18. Maka dengan ini pula tohitem mohon maaf atas kesalahan ini, dan sudah saya ralat Gus.. matur nuwun.