Minggu, 27 Juni 2010

Tips: Mengurangi Rasa Gelisah dalam Kehidupan

nukilan dari pedalaman @ http://www.tohitem.com


Aku, kamu, cewek, cowok, tua, muda, dan kita semuanya pasti sering ngalami rasa gelisah yang amat sangat. Biasanya rasa gelisah ini muncul tatkala kita mempunyai masalah atau sesuatu yang memerlukan penyelesaian segera tetapi kita belum atau bahkan tidak melakukan apa-apa untuk membereskannya. Tetapi rasa gelisah juga bisa disebabkan karena kita terlalu sensitif menyikapi sesuatu, sehingga kita selalu merasa bersalah. Sehingga kita berada pada suasana yang sangat mengganggu dan tidak mengenakkan.
 
Nah, (nukilan dari pedalaman @ http://www.tohitem.com) ada sedikit tips terapi psikologi (psyco therapy) untuk musnahin minimal ngurangi lah, rasa gelisah itu:

1. Cari  Tau Penyebabnya
Nggak lucu kan jika kita sampe bingung gak karuan karna perasaan yang berkecamuk dan

efeknya bikin orang sebelah kena damprat, atau malah bertingkah aneh dengan bengong sendiri dan memasang wajah jelek. Itu semua karena gelisah bro..  yach, coba berpikir tenang bentar aja, cari tau penyebabnya, masalahnya apa? Pastilah, ketemu sumber masalahnya…! Jangan takut, dengan tau penyebabnya kita secara nggak langsung udah mulai keluar dari gelisah…!

2. Selesaikan Dengan Cara kreatif
Ibarat punya duit Rp 100jt, kalau cuma di diemin di bawah kasur, lama-lama tuh duit jadi bantal.. hehe. Coba ambil tuh duit sehari Rp 10rb buat beli permen atau pulsa… atau biar keren ambil langsung Rp 5jt buat ke mall, blanjaaa!!.. cepet habis lah!!  Gitu juga dengan masalah yang ada, kalo cuma dipendam dan gak diselesaikan lama-lama jadi tumor ganas, atau stroke.. haha. Selesaikan sedikit sedikit, jangan bilang gak bisa, lha wong udah tau sebabnya kan? Pepatah bilang ada asap karna ada api, yach cari tau knapa api sampe nyala, apa karna bensin, atau karna buang puntung rokok sembarangan… 

3. Larilah Ke hobby
Hobby alias kesenangan sangat ampuh ngilangin gelisah, terserah apa aja yang menurut kamu bisa bikin seneng ato ketawa.. yang suka nulis atau berpuisi berkaryalah… tulis perasaan kamu, abis itu baca.. nulis lagi… baca lagi… Tau nggak, si Gelisah pasti ngacir karna gak diperhatiin (gak direken, jatim, red). Atau yang suka blanja.. blanjalah, (kalo punya duit..hehe), yang suka futsal, yang suka ke gunung, yang suka jalan-jalan dsb. Malah saya dulu extrem ngilangin gelisah dengan pergi gak ada tujuan, naik bus sampe di kota yang belum pernah aku kunjungi, pikirku skalian refreshing… malah pernah jalan kaki Malang-Probolinggo lho, 2 hari semalam bro..hehe. Tapi bener abis itu pikiran jadi ringan dan bisa berpikir jernih lho… (kalo yang ini tidak direkomendasikan..hehe)

4. Manfaatin Teman
Sekali-sekali ajak teman ikut mikirin kita, curhatlah, ceritalah, minta saranlah dll lah… Masa temen sejati kok gak mau bantu.. Teman orang lain biasanya lebih obyektif. Atau juga ke ortu, kakak, adik, pacar, suami, istri…
Dengan kita ketemu aja, belum crita nih, pikiran kita udah mulai enteng.. kadang liat wajah temen yang aneh atau lucu, bisa bikin perut sakit karna ketawa… si gelisah tadi , malu gak ada yang merhatiin.. pergi dia…haha

5. Pacaran Sama Tuhan
Bukan ada maksud apa-apa ya.. Tuhan itu yang paling ngerti kita, sayang kita, cinta kita, mengasihi kita, de-es-be lah… Ini saatnya untuk ngapel ke Tuhan, mohon ke Dia gak usah malu!  Mungkin selama ini kita jarang atau gak pernah sekalipun, ngapeli Dia, AWAS, kalau kita diputus sama Tuhan, kita mau jadi apa??? Jadikan Tuhan Pacar Sejati, tempat kita berkeluh kesah dan bermesraan… Ya bro…!!
(sorri banget kalo kata-kata saya, begitu endel Tentang Tuhan, tapi itu bener…)
www.tohitem.com
OKe,  itu aja ya tips nya.. soale kalau udah ngomong tentang Kuasa Tuhan, saya udah gak bisa apa-apa lagi, semua milik Tuhan! Orang yang nyipta bumi seisinya Dia, untuk nyelesaikan masalah gelisah ini itu, keciiiilll banget!! 

Sekali lagi, namanya juga tips, semuga bermanfaat…. 
(nukilan dari pedalaman @ http://www.tohitem.com)

Tidak ada komentar: